Jumat, 15 April 2011

Cara Instalasi windowsXP dengan baik


 

Artikel ini buat para pemula yang baru mengenal komputer atau baru belajar instalasi sebuah computer. Mungkin sebelumnya saya pernah memberikan sebuah artikel mengenai instalasi windows xp menggunakan USB, apabila temen-temen sudah mahir dan ingin mencoba cara lain yaitu menggunakan USB temen-temen bisa melihat caranya disini dan jika temen-temen seorang pemula maka pelajari cara berikut yang saya sajika sedetail mungkin.

Untuk itu rekan-rekan bisa langsung pada PC atau menggunakan virtualbox / vmware terserah temen-temen baik yang mana. Langsung pada pokok pembahasan :

Sediakan CD windows XP (xp1, xp2, xp3 dll) (jangan lupa jika windowsnya menggunakan Cdkey sertakan atau siapkan juga tetapi kal sudah modifikasi santai saja karna sudah di isikan di windowsnya)



1.      PC yang kita gunakan harus menggunakan CD/DVD room (karna kita menggunakan CD/’DVD)

Hidupkan PC kita lalu masukan CD/DVD windowsXP yang ada.

Setting BIOS pada PC kita jika belum disetting, caranya tekan del disaat akan hidup atau F2 tergantung pada mainboard temen2-temen lalu pilih yang sesuai dengan PC temen-temen intinya penyetingan bios adalah untuk booting CD/DVD room pada urutan pertama agar dapat membaca CD/DVD windowsXP kita. Save lalu keluar akan restar.
 
Di saat keluar Press any key to boot from CD..  Tekan keyboard yang mana saja untuk melanjutkan. Terlihat seperti gambar berikut:



Dan akan di lanjutkan pada Windows Setup seperti gambar berikut:



Jika terdapat seperti gambar berikut  maka rekan-rekan sekalian harus tekan ENTER=Continue untuk melanjutkan apa bila menakan tombol R itu hanya meripair / memperbaiki windows yang sudah ada dan jika F3 akan keluar dari sistem tersebut.

  
Nah pada saat tampilan seperti ini kita tekan F8 untuk melanjutkan 


 Pada gambar di bawah ini kita akan di suruh untuk memilih partisi untuk windows atau membagi partisi atau juga menghapus partisi tergantung pada penggunaan kita atau anda sendiri dan namun biasanya windows di letakan pada partisi C: dan anda harus tahu itu

 
Setelah itu tekan ENTER=Install untuk melanjutkan

Pada gambar berikut ini adalah pemformatan partisi yang kita akan gunakan untuk Windows dan kita di suruh memilih dan di sini kita tergantung degan anda dalam melakukan penginstalan jika memilih yang di atas atau  Quick akan lebih cepat dan jika memilih yang tidah quick maka lama tapi itu tidak menjadi masalah setelah itu tekan enter untuk melanjutkan dan akan melakukan pemformatan.


  
Setelah selesai memformat maka akan di lanjutkan pengkopian data ke dalam partisi seperti pada gambar ini dan tunggu sampai selesai dan akan restar.


 
Setelah restar akan di lanjutkan proses pengkopyannya dan akan terlihat seperti gambar berikut  dan tunggu sampai selesai ada pesan berikutnya


Setelah ada pesan dan tekan next dan isi data sesuai yang anda inginkan dan organisasi di isi atau tidak terserah anda,  seperti gambar berikut. Lalu tekan NEXT


 
Isikan CDKEY (tergantung sama windowsya ada yang sudah di masukan dan ada yang belom) setelah di isi tekan NEXT


 
Dan tekan NEXT bila mau di ubah ubah terlebih dahulu

Setelah itu masuk ke penyetingan wantu dan tanggal dan di lanjutkan tekan NEXT tunggu samapai selesai dan akan restar
 
Setelah restar akan muncul kotak dialok tekan NEXT dan pilih salah satu lalu NEXT jika ada tentang koneksi melalui modem atau lainnya SKIP jika ada pertanyaan pilih salah satu NEXT lalu tekan SKIP saja jika ada entrian yang banyak dan yang satu ini wajib di isi nama yang anda inginkan lalu FINIS

Selesai sudah instalasi WindowsXP dan inilah hasilnya dari instalasinya



 
Lebih dan kurang seperti yang saya berikan pada artikel ini.

Selamat mencoba semoga berhasil...................!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar