Senin, 23 Mei 2011

Penampilan Sketsa Awal Dari Chrome OS

Tak cukup hanya dengan menghadirkan web browser Chrome, kini Google sedang menyibukkan dirinya untuk mempersenjatai sistem operasi terbarunya yaitu Chrome OS. Masih tak jelas memang kapan kiranya sistem operasi berbasis web itu akan hadir, bahkan untuk perkiraan tahun depan saja masih belum jelas adanya.
Untuk memberikan sedikit bocoran, apa saja yang akan ada nantinya, Chrome OS akhirnya menampilkan sketsa awal dari konsep sistem operasi tersebut. Memang masih sebatas konsep kasar saja, dimana hanya fitur-fitur umum ditampilkan.
Sistem operasi tersebut kabarnya akan benar-benar berjalan dengan menggunakan web browser Chrome. Di bagian kanan bawah, terdapat USB drive dimana membaca data dari USB kita dan ditampilkan dengan tab. Untuk notepad-nya menggunakan Google Docs. Aplikasi website yang dirilis juga menggunakan aplikasi dari panel-panel buatan Google yang mana meliputi Gmail, Facebook, Twitter, Hulu dan lainnya.
Selain itu untuk aplikasi yang berjalan secara background seperti Google Talk akan di-minimize pada panel bawah dan akan muncul kalau ingin kita tampilkan. Kapasitas penyimpanan lokal juga digunakan untuk mempercepat sistem ini. Kalau dilihat-lihat sepertinya sistem ini hanya meminjam login saja dan lainnya akan menggunakan kecanggihan yang ada di website dan internet. Google juga berjanji akan melakukan kerja keras agar sistem operasinya mendukung Flash dan lebih bisa dicocokkan dengan kebutuhan hardware. Untuk Silverlight sendiri, pihak Google memang belum mengomentari apakah akan bisa mendukung atau tidak nantinya.
Dengan sistem operasi ini, pihak Google mencoba memfokuskan diri untuk memberikan solusi kepada mereka yang memang sudah terbiasa dan sering menggunakan website dalam kehidupan sehari-hari, bukan untuk mencukupi segala kebutuhan pengguna. Jadi jika Anda adalah seorang pengacara dan harus mengedit kontrak dan lain sebagainya, sepertinya sistem operasi ini bukanlah sistem operasi yang cocok buat Anda.
Kabarnya lagi, dengan kehadiran sistem operasi ini bukan tidak mungkin pihak Google juga akan membuat spesifikasi hardware khusus untuk pengguna sistem operasi ini, misalnya hanya pengguna komputer dengan SSD saja yang mendukung x86 dan juga processor ARM. Namun itu masih sebatas rumor saja karena segala hal masih belum jelas dan saat ini Google sendiri sedang bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk para pengguna sistem operasinya nanti.

Untuk melihat-lihat lebih jelas mengenai konsep awal ini, silahkan lihat video-video berikut ini :
http://www.youtube.com/watch?v=0QRO3gKj3qw
http://www.youtube.com/watch?v=hJ57xzo287U



sumber : http://www.hi-techmall.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar