Senin, 30 Mei 2011

Virus Misterius Serang Wanita Hamil di Korsel

Penyakit aneh menyebar di Korea Selatan. Penyebabnya virus. Namun identitas virus tersebut masih misterius.

Seperti dimuat TIME.com, Departemen Kesehatan Korea Selatan melaporkan, sudah dua orang meninggal setelah terinfeksi virus tak dikenal ini. Sementara, setidaknya ada delapan pasien dari wilayah berbeda di Korsel dirawat di rumah sakit sebulan ini. Mereka mengalami gejala yang sama: demam yang mirip gejala flu, termasuk batuk dan kesulitan pernafasan.

Yang unik, tujuh dari delapan korban  adalah perempuan yang baru melahirkan atau sedang hamil. Korban yang baru meninggal adalah perempuan 36 tahun yang baru melahirkan. Ia diketahui masuk rumah sakit pada 21 April 2011 dengan gejala  flu, sesak nafas, dan didiagnosa menderita fibrosis paru-paru. Ia meninggal Kamis 26 Mei 2011 lalu. Pasien itu satu-satunya yang dinyatakan positif adenovirus tipe-53, namun pejabat kesehatan telah menyatakan, mereka belum menemukan kaitan langsung antara penyakit korban dan firus  tersebut. Sementara korban ke dua adalah perempuan yang baru saja melahirkan.
Badan Pengendali dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan, saat ini para pasien telah dipindahkan di sebuah rumah sakit di ibu kota, Seoul dan menerima perawatan intensif. Dua orang pasien dinyatakan sembuh setelah menerima transplantasi paru-paru.

Kini, para pejabat kesehatan sedang melakukan tes DNA terhadap virus yang telah diisolasi dari tubuh pasien -- untuk mengidentifikasi penyebab infeksi.

Beredarnya virus misterius itu telah membuat khawatir para perempuan hamil dan keluarganya.

Selain meneliti kasus penyakit misterius ibu hamil, pihak kesehatan juga sedang mempelajari kasus kematian bocah-bocah berusia 2-5 tahun dengan gejala serupa. Diduga, ada kemungkinan bahwa para ibu terinfeksi  penyakit pernafasan dari bayi yang mereka kandung. (sj)

sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar