Jumat, 13 Mei 2011

PENGERTIAN PENELITIAN

Penelitian adalah terjemahan dari kata Inggris research. Beberapa
ahli juga menerjemahkan research sebagai riset. Research  barasal dari kata re- yang berarti “kembali” dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian research adalah “mencari kembali”.

Penelitian menurut beberapa ahli:
  • Menurut kamus Webster’s New Internasional, penelitian adalah penyelidikan yang hati-hatidan kritis dalam pencarian fakta, prinsip, suatu penyelidikan yang cermat untuk menetapkan sesuatu.
  • Hillway (1956) mengatakan penelitian tidak lain dari suatu metode yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu kasus. 
  • Whitney (1960) menyatakan bahwa penelitian di samping untuk mencari kebenaran, sebuah penyelidikan harus dilakukan dalam waktu yang lama. Sehingga metode berpikir menjadi kritis.

Whitney juga mengutip beberapa defenisi dari penelitian yakni  pencarian terhadap sesuatu secata sistematik dengan penekanan bahwa masalah dapat dipecahkan. (Parsons, 1946).
Penelitian adalah pencarian fakta yang objektif untuk menemukan antar fakta dan menghasilkan hukum atau dalil. (Jhon, 1949).
Penelitian adalah transformasi dari situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang berhubungan,orisinal, dan bersatu padu. (Dewey, 1936).
Penelitian juga bertujuan untuk mengubah kesimpulan yang telah diterima, ataupun mengubah dalil dengan adanya aplikasi baru daru dalil-dalil ini . Penelitian yang menggunakan metode ilmiah yang disebut penelitian ilmiah. Dalam penelitian ilmiah ini ditemukan dua unsur penting, yaitu observasi (pengamatan) dan nalar (reasoning).
Pengamatan merupakan kerja dengan ilmu pengetahuan  mengenai fakta dengan kerja mata(pengamatan) menggunakan presepsi. Sedangkan nalar suatu kekuatan dengan fakta-fakta yang timbul, ditetapkan sebagai ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar