Sabtu, 11 Juni 2011

PARAGRAF (BAHASA INDONESIA)

Paragraf
Paragraf adalah seperangkat kalimat yang terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas, sehingga memiliki makna yang utuh.

Syarat-syarat Paragraf
  1. Kesatuan
Kesatuan adalah dalam sebuah paragraf terdapat hanya satu pokok pikiran atau satu topik saja. Oleh karena itu, kalimat yang membentuk paragraph itu ditata secara cermat agar tidak menyimpang dari ide pokok.
  1. Kepaduan
Kepaduan adalah kalimat-kalimat tersebut disusun secara logis atau menggunakan pengait antar kalimat yakni kata penghubung atau kata ganti, sehingga tidak terkesan bertele-tele.

Pembagian Paragraf
Berdasarkan letak kalimatnya:
1.      Induktif
Induktif adalah paragraph yang berpolakan khusus ke umum yakni kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.
Contoh:
Sungguh malang nasibku pagi ini. Aku bangun terlambat. Padahalmasuk kuliah 07.30 WIB. Lalu terburu-buru menuju kamar mandi. Sesampai di sana, ternyata air di bak habis. Melihat kenyataan tersebut, tidak jadi mandi,melainkan langsung menuju lemari pakaian. Setelah dibuka ternyata tidaka ada satu baju pun yang sudah disetrika. Mau menyetrika, listrik mati. Aduh!
   Deduktif
Deduktif adalah paragraph yang berpolakan umum ke khusus yakni kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
Contoh:
Aku bangun terlambat. Padahal masuk kuliah 07.30 WIB. Lalu terburu-buru menuju kamar mandi. Sesampai di sana, ternyata air di bak habis. Melihat kenyataan tersebut, tidak jadi mandi,melainkan langsung menuju lemari pakaian. Setelah dibuka ternyata tidaka ada satu baju pun yang sudah disetrika. Mau menyetrika, listrik mati. Aduh, sungguh malang nasibku pagi ini!

3.      Campuran
Campuran adalah suatu paragraph yang berpolakan campuran yakni kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraph.
Contoh:
Sungguh malang nasibku pagi ini. Aku bangun terlambat. Padahalmasuk kuliah 07.30 WIB. Lalu terburu-buru menuju kamar mandi. Sesampai di sana, ternyata air di bak habis. Melihat kenyataan tersebut, tidak jadi mandi,melainkan langsung menuju lemari pakaian. Setelah dibuka ternyata tidaka ada satu baju pun yang sudah disetrika. Mau menyetrika, listrik mati. Aduh, malangnya nasibku pagi ini!

Berdasarkan tujuannya:
1.      Narasi
Narasi adalah suatu paragraph yang tulisannya menyajikan suatu peristiwa yang berurutan, biasanya berupa cerita atau pengalaman manusia. Seperti: novel, cerita pendek, dan cerita bersambung serta cerita suatu pengalaman seseorang.
Contoh:
Pengalamanku yang Malang
Aku bangun terlambat. Padahal masuk kuliah 07.30 WIB. Lalu terburu-buru menuju kamar mandi. Sesampai di sana, ternyata air di bak habis. Melihat kenyataan tersebut, tidak jadi mandi,melainkan langsung menuju lemari pakaian. Setelah dibuka ternyata tidaka ada satu baju pun yang sudah disetrika. Mau menyetrika, listrik mati. Aduh, sungguh malang nasibku pagi ini!

2.      Deskripsi
Deskripsi adalah suatu tulisan yang bersifat melukiskan atau menggambarkan suatu objek dengan cara memperlihatkan secara detail atau rincian, yang bersifat tata ruang, tata letak,maupun ciri tertentu.
Contoh:
Aku belajar dilokal 2. Lokal 2 tersebut berukuran 6x 7 m. Di dalamnya terdapt 50 buah kursi kayu. Sisi kiri, kanan, depan dan belakang sisinya terbuat dari beton kuning. Bagian atas terdapat enam buah lampu dan dua buah kipas angin. Itulah lokal 2 tempatku belajar.

3.      Eksposisi
Eksposisi adalah suatu tulisan yang memberikan suatu penjelasan atau pemaparan tentang sesuatu yang bersifat informasi dan ilmu pengetahuan.
Contoh:
1.      Pasar Tanah Abang adalah pasar yang kompleks. Setiap harinya per kios menjual 300 meter kain. Laba yang didapat sekitar 80%. Hal itu akan menguntungkan bagi pedagang yang berjualan di sana.
2.      Cara membuka file di (D:)
Klik start
Klik explore
Klik Data (D:)
Klik data yang diinginkan.

4.      Argumentasi
Argumentasi adalah suatu tulisan yang mengungkapkan suatu ide atau gagasan,maupun pendapat yang disertai dengan alasan-alasan.
Contoh:
Manusia yang berkaca mata pasti pintar. Hal itu disebabkan matanya lelah akibat sering membaca. Temanku, Siska, IQ nya melebihi rata-rata dan ia menggunakan kaca mata. Menurutnya, ia pun sering membaca buku, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Oleh karena itulah aku berpendapat bahwa manusia yang berkaca mata pasti pintar.

5.      Persuasi
Persuasi adalah suatu tulisan yang bersifat membujuk, mendorong dan meyakinkan pembaca sehingga pembaca melakukan keionginan tersebut.
Contoh:
Bahasa iklan

Berdasarkan jenisnya:
  1. Paragraf  pembuka
Paragraf pembuka adalah paragraf yang bertujuan utnuk mengantarkan pembaca sebelum menuju isi permasalahan.
Dalam bab ini membahas mengenai pengertian komputer, jenis-jenis komputer, dan dampak komputer. Lebih jelasnya, dijabarkan di bawah ini.
  1. Paragraf pengembang/penghubung/isi
Paragraf pengembang/penghubung/isi adalah paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan isi permasalahan
Contoh:
Anggaran adalah …
  1. Paragraf penutup
Paragraf penutup adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan kesimpulan atau saran.
Contoh:
Dengan demikian dapat disimpulkan…

Pola pengembangan paragraf
  1. Dengan memberikan contoh/fakta
Contoh:
Kegiatan KUD di desa-desa yang belum dewasa dicampuri oleh tengkulak-tengkulak, seperti di Desa Kioro. Semua kegiatan KUD selalu dipantau oleh tengkulak-tengkulak. Kadang-kadang tengkulak itulah yang ikut menentukan harga gabah penduduk yang akan dijual. Dari hasil penjualan ini tengkulak meminta upah yang cukup besar dari ketua koperasi.
  1. Dengan memberikan alasan-alasan
Contoh:
Membiasakan diri berolahraga setiap pagi banyak manfaatnya bagi seorang pegawai. Olahraga itu sangat perlu mengimbangi kegiatan duduk berjam-jam. Kalau tidak demikian, pegawai itu akan menderita beberapa penyakit karena tidak ada keseimbangan kerja otak dan kerja fisik.
  1. Dengan bercerita.
Contoh:
Kota Pontianak telah mereka lalui. Kini jalan lebih lurus dan sempit. Kapal meraung-raung di perairan Sungai Datok. Di samping kana nada hutan lembah yang ternganga, tetapi pemandangan di kejauhan adalah hutan bakau yang menyelimuti perairan sungai. Pemandangan itu melalaikan goncangan ombak yang tak henti-hentinya. Sesekali tampak atap rumah kelihatan dari kejauhan. 
 
sumber : http://tressyalina.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar