Senin, 13 Juni 2011

Proposal Kegiatan

Pengertian proposal kegiatan
Proposal kegiatan (bantuan dana) adalah karya ilmiah yang bertujuan untuk perencanaan mengadakan suatu kegiatan dalam bentuk usulandana yang akan dilaksanakan.

Isi dan sistematika
Sistematika beserta isinya sebagai berikut.
  1. Judul proposal; berisi nama kegiatan yang akan diselenggarakan dalam suatu acara yang akan dilaksanakan.
  1. Latar belakang/landasan pemikiran; berisi pengantar yang akan disampaikan untuk memberikan gambaran tentang sesuatu yang diproposalkan dan berisi hal-hal mendasar yang melandasi diadakannya suatu kegiatan.
  1. Jenis kegiatan; berisi bentuk kegiatanyang akan dilaksanakan dalam acara tersebut. Hal ini diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu.
  1. Tujuan; berisi tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut. Tujuannya bersifat umum dan khusus.
  1. Waktu dan tempat; berisi hari, tanggal, waktu, serta tempatdilaksanakannya kegiatan.
Pelaksana; menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut
  1. Sasaran; menjelaskan tentangobjek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut (atau lebih dikenal dengan peserta).
  1. Pendanaan; berisi tentang darimana dana untukkegiatan inididapatkan. Mengenaianggaran dana yang lebih terperinci biasanya harus dilampirkan.
  1. Penaggung jawab; menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan bertanggung jawab dalamkegiatan tersebut.
  1. Susunan panitia; berisi susunan panitia penyelenggaraankegiatan. Dalam halaman atau bagian susunan panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja, seperti penanggung jawab, kepanitiaan, pelindung, seksi-seksi, dan lain-lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar